Tag

, , , , , ,

Program POS (Kasir)

Saat ini di Internet banyak sekali program kasir toko yang ditawarkan. Sayangnya, banyak program tersebut hanya dikemas untuk dijual dengan harga murah. Yang menjadi korban tentu saja yang beli. Sudah harus membayar, kemudian menghadapi urusan ribet tentang registrasi dan setup program. Sayang sekali animo masyarakat untuk menggunakan program aplikasi komputer dimanfaatkan oleh para avonturir yang bermain SEO di Internet saja.

Saya sih tidak ada urusan dengan para netter ini selain prihatin dengan akibatnya bagi masyarakat pemakai program. Mereka ini (masyarakat pemakai program) umumnya baru mulai merintis usaha dan ingin menggunakan tool untuk membantu mereka dalam mengelola usaha, harus terjebak oleh permainan para pembuat program amatiran yang hanya memanfaatkan ketidaktahuan orang terhadap program ‘yang benar’.

Para avonturir yang merasa bisa membuat program aplikasi, mengemas program jualan mereka sedemikian rupa menggunakan tool pemasaran yang memang banyak tersedia di Internet, misalnya membuat gambar box software yang terlihat profesional, padahal programnya sendiri sangat amatir dan terkesan belajarnya nggak lengkap (sorry, jadi kebawa esmosa juga nih hehe… biar, getun memang saya).

Tadinya saya ingin menunjukkan saja program-program ‘asal jadi’ yang dijual di Internet itu, lengkap dengan alamat, gambar, dan kejelekannya, tetapi sudahlah, tidak perlu saya menunjukkan kejelekan-kejelekan itu, hanya saya ingin berpesan saja pada para pencari program agar lebih hati-hati. TELITI SEBELUM MEMBELI… Nah, semboyan ini rasanya masih pas banget walaupun sudah jadul dari jaman siaran niaga TVRI dulu…

TIP MENILAI PROGRAM POS / KASIR

TIP untuk menilai adalah:

  • Baca dan perhatikan informasi di websitenya. Kalau bahasanya berantakan, pastinya program yang dijualnya pun berantakan. Ini berkaitan dengan karakter pembuatnya.
  • Adakah informasi di websitenya yang tidak anda perlukan, atau anda tidak paham (dan tidak perlu paham juga :))? Jika banyak info yang tidak anda perlukan, tentu informasi dari programnya juga banyak yang tidak anda perlukan (atau tidak anda pahami / tidak perlu anda pahami juga :)). Pembuat program harus punya logika berpikir yang jernih, cemerlang, sehingga bisa menyampaikan informasi yang juga jernih, cemerlang, dan dibutuhkan saja!
  • Lihat screenshot (gambar tampilan program), nggak usah download dulu (habis-habisin waktu/bandwidth). Jika tampilan screennya terlihat bagus (di-capture dengan baik), dan hanya menampilkan screen yang informatif (penting untuk dilihat), kemungkinan programnya memang OK. Jika tampilan layar (yang diandalin) saja sudah jelek dan nggak penting/nggak informatif, pastinya screen yang lain juga tidak penting.
  • Jika anda sudah ingin mendownload, perhatikan file download berasal dari mana. Jika pembuat program mau modal sedikit, pastinya bukan di mass-storage (Ziddu, Mediafire, 4Shared, dll tempat dia menaruh file, tapi di hosting sendiri/berbayar).
  • Setelah download, jangan install dulu! Scan file hasil download dengan antivirus yang terupdate. Saya menemukan program kasir/pos ada yang mengandung virus / malicious program!
  • Ketika diinstall, perhatikan program installer yang digunakan. Seharusnya program installer yang ternama/yang baik akan menambahkan fasilitas “uninstall” sehingga aman/mudah bagi anda untuk meng-uninstall program jika tidak jadi digunakan.
  • Setelah diinstall, periksa dokumen-dokumen pendukung / keterangan / petunjuk untuk menggunakan program. Dokumen-dokumen ini harusnya informatif dan memuat info-info penting saja sehingga anda bisa mencoba program dengan cepat.
  • Perhatikan juga bahasa yang digunakan, kalau nggak karuan, pastinya programnya juga seperti itu (karena pembuatnya pasti sama! kalau bahasanya bagus, mungkin bisa nyewa orang lain artinya pembuatnya mau modal sedikit :)).
  • Ketika mencoba program, usahakan memasukkan data seakan-akan anda benar-benar menggunakan program tersebut secara real. Kalau banyak hambatan, berarti kurang user-friendly. Ke depannya akan begitu terus, jadi pertimbangkan mau pakai seperti itu terus atau mau cari yang lebih baik dulu, baru memutuskan!
  • Ketika ada masalah, coba kontak pembuatnya. Lebih baik pakai email agar bisa lebih jelas, tetapi bisa juga langsung telpon atau SMS (jadi urutannya email-telpon-sms). Jika anda sulit menghubungi atau tidak ditanggapi, nasib anda akan demikian juga walaupun sudah membeli program.
  • Ketika akan melakukan registrasi / aktivasi, pastikan “rule” atau aturannya tidak memenangkan pembuat program. Ada yang memaksa anda memakai hanya komputer yang sama untuk menjalankan program, misalnya dengan mengikat informasi hardware (harddisk). Ini tidak akan menguntungkan bagi anda, karena hardware harus bisa diganti-ganti (jaman berubah, masak anda pakai komputer lama terus?). Ada juga yang memakai cara aktivasi yang ribet, dan kemungkinan bisa gagal. Jika demikian, begitu anda mendapat masalah, anda akan mengalami keribetan aktivasi lagi!

Koleksi Program POS / Kasir

Saya sudah mengkoleksi program-program POS (Point of Sale) atau Program Kasir ini, baik untuk toko, minimarket, apotik, bengkel, koperasi, dll. Terus terang saya hanya bisa merekomendasikan satu program saja yang memenuhi kriteria saya, yaitu MyStore (bisa didownload di http://MyStore.RumahAccess.com, bisa langsung dicoba tanpa batasan waktu dengan semua fasilitas terbuka).

Kalau program untuk restoran / rumah makan, tersedia juga MyResto (bisa didownload di http://MyResto.RumahAccess.com, juga bisa langsung dicoba tanpa batasan waktu dengan semua fasilitas terbuka).

Kedua program di atas dibuat oleh Haer Talib, seorang MVP (Microsoft Most Valuable Professional). Informasi tentang Haer Talib bisa dilihat di http://Haer.RumahAccess.com).

Kedua program yang saya rekomendasikan di atas tentu berdasarkan kriteria saya dan setelah melakukan perbandingan. Tentu saja anda bisa menilai sendiri dan melakukan perbandingan juga sebelum memilih akan menggunakan program yang mana. Lebih baik anda sedikit bersusah-susah sekarang karena investasi pada program bukan hanya harga program, tetapi waktu anda yang terbuang dan data yang sudah terlanjur dimasukkan.

Oya, jika anda ingin bertanya atau menghubungi saya, silahkan tinggalkan comment dan cantumkan alamat email anda. Saya lebih suka berdiskusi via email karena lebih leluasa ketimbang membalas comment di sini.

Semoga sukses!